Skip to content
Asosiasi Komunitas Musisi Indie Indonesia

Musisi Indie Indonesia Membangun Generasi Bangsa Melalui Seni Musik

Sebuah event akbar yang diselenggarakan oleh KEMENKO PMK RI (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia) dan DPP ASKOMINDO (Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Komunitas Musisi Indie Indonesia) diadakan hari Sabtu kemarin tanggal 14 Mei 2016. Acara Musik Berbagi dan Edukasi yang mengangkat tema “Revolusi Mental Bagi Musisi Indie – Membangun Generasi Bangsa Melalui Seni Musik Untuk Indonesia Berdaulat, Berdikari dan Berkepribadian”.

sarlito 028

Bertempat di F1 Executive Club, salah satu club yang selalu mendukung kegiatan dan apresiasi musisi-musisi indie Indonesia untuk menampilkan karya-karyanya. Acara yang dihadiri dan juga sebagai pembicara/narasumber di acara tersebut yaitu Bapak Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono (Guru Besar Psikologi Sosial Universitas Indonesia), Bapak Prof. Dr. Paulus Wirutomo, MSc (Guru Besar Sosiologi Universitas Indonesia) dan Bapak Agus Sebia (Ketua Umum ASKOMINDO). Acara yang dijuga dihadiri oleh Bapak R.Alfredo Sani Fenat (Asisten Deputi Kepemudaan) yang mewakili Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Ibu DR. Yuni Poerwanti, M.Pd. (Staf Ahli Menteri Bidang Politik) yang mewakili Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

sarlito 010

Dipandu oleh host Aditya Perdana dan Citra Kriwil, acara dibuka dengan salam hangat dan ucapan selamat datang kepada para tamu semuanya, dilanjutkan dengan berdoa, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu INDONESIA RAYA secara bersama-sama. Semangat kebangsaan dan kebagaan menjadi bangsa Indonesia sangat terlihat di wajah-wajah seluruh yang hadir di event akbar tersebut. Acara yang menitik beratkan kepada tema “Revolusi Mental Bagi Musisi Indie – Membangun Generasi Bangsa Melalui Seni Musik Untuk Indonesia Berdaulat, Berdikari dan Berkepribadian” ini, langsung masuk ke pokok inti acara yaitu berbagi dan edukasi dari para narasumber.

sarlito 038

Bapak Iming Karya selaku ketua dari Republik Indie yang bertindak selaku moderator di acara tersebut. Narasumber pertama yang berbicara yaitu Bapak Prof. Dr. Paulus Wirutomo, MSc. Ilmu dan masukan dari beliau yaitu tentang Integritas, hak dan kewajiban, etos kerja, semangat dan kualitas kerja, kemandirian, kreatif dan nilai saling menghargai serta kerjasama sebagai musisi indie untuk mencapai apa yang dicita-citakan. Dilanjutkan oleh ilmu dan masukan dari narasumber kedua yaitu Bapak Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono yang mengulas tentang bagaimana cara kita membangun sebuah mental kearah yang lebih baik, namun bukan yang bersifat perserorangan namun bersifat yang lebih general atau yang lebih besar lagi. Karena selama ini prestasi-prestasi Indonesia yang sudah berhasil sifatnya hanya perseorangan saja, tapi bagaimana merubah paradigma itu menjadi yang bukan perserorangan, sehingga prestasi dan hasil yang diraih akan lebih besar dan terasa faedahnya. Tentunya ilmu dan masukan yang diberikan oleh beliau dapat diterapkan di bidang musik oleh musisi-musisi indie yang hadir pada hari itu khususnya dan bagi seluruh musisi tanah air pada umumnya. Kemudian sesi berbagi dan ilmu diberikan oleh Ketua Umum ASKOMINDO yaitu Bapak Agus Sebia. Pemaparan ilmu yang diberikan beliau selaku ketua yaitu Organisasi ASKOMINDO dibawah pimpinan beliau siap sebagai garda terdepan untuk mensukseskan dan mendukung program pemerintah tentang “Revolusi Mental” dalam hal ini dari para musisi indie yang tergabung di dalam wadah ASKOMINDO. Bapak Agus Sebia juga menekankan kembali semangat gotong royong bagi seluruh musisi indie Indonesia dan nilai saling kepedulian untuk menghargai karya anak bangsa, karena mentalitas seperti itu, maka musik dan budaya bangsa Indonesia akan bisa lebih berprestasi di tahun-tahun mendatang, dan semuanya bisa dilakukan apabila semua pihak bergandengan tangan dan mempunyai visi misi yang sama dalam mencapai satu yang dicita-citakan.

sarlito 055

sarlito 118

Event akbar ini selain dari acara berbagi dan ilmu, tak lengkap apabila sebuah event akbar musik tanpa penampilan dari para musisi indie yang tergabung di dalam ASKOMINDO. Band-band yang hari itu tampil yaitu KAZAN, EFEKOPI, VOXA, LIMA SEKAWAN, DiFIX, ZELYA, DC band dan penampilan special dari para narasumber yang memberikan ilmu pada hari itu yaitu PROFESOR band. Sebuah suguhan yang membakar semangat para musisi indie yang muda untuk selalu optimis dalam berkarya.

sarlito 144

Dukungan penuh terhadap acara ini dibuktikan dengan support dari semua komunitas anggota ASKOMINDO dan juga kehadiran dan partisipasi dari semua musisi indie. Tak lupa sebuah apresiasi khusus kepada Bapak Johan selaku owner dari F1 executive club yang selalu mensupport kegiatan-kegiatan yang positif dari teman-teman musisi Indie. Semoga dengan slogan Indie Saling Support dan banyaknya event-event berbagi ilmu semacam ini dan sumbangsih dari pengusaha tempat hiburan seperti ini, wacana Revolusi Mental dalam bermusik secara khusus dan dalam kehidupan bernegara secara umum bisa dapat kita realisasikan bersama-sama. (Novan-NVmusik)

admin Administrator

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *